Sabtu, 14 Juni 2008

Ketika 13 dan 4 Kehilangan Daya Magisnya

Hampir semua orang di seluruh dunia menghindari angka 13, angka yang dianggap bakal membawa kesialan. Makanya jarang ada hotel yang menyediakan lantai 13 atau kamar 13. Sungguh ironis. Di zaman modern seperti sekarang ini ternyata masih banyak orang yang percaya takhayul.

Beda lagi di Jepang dan Cina. Di sini angka yang paling dihindari justru adalah angka 4. Alasannya pun cukup menggelikan. Di Jepang, 4 dilafalkan sebagai "shi" yang bisa juga berarti mati. Sama juga di Cina. Bahasa Cina untuk angka 4 adalah "se" yang juga berarti mati. Kalau alasan ini bisa diterima logika berarti aku harus sering-sering menghindari kata "untung" karena aku takut dengan binatang melata. Laba-laba.

Atas nama logika dan kecerdasan berpikir yang seharusnya dimiliki oleh semua manusia di muka bumi ini. Dengan segenap kecemasanku terhadap pengaturan pola pikir macam ini yang hanya akan membodoh-bodohi bangsa. Tolong, stop penyebaran takhayul.

13 dan 4 bukan angka sial.

Lihat saja nomor peserta Ujian Nasional-ku.


04-044-013-4.

Dan aku lulus. Ah, aku memang tak pernah percaya takhayul.

Alhamdulillahi robbil 'alamiin. Hanya syukur yang pantas kuucapkan. Tapi bukan syukur karena telah terlepas dari jerat kesialan angka 13 dan 4. 13 dan 4 sama sekali bukan angka sial. 13 dan 4 justru adalah angka mujur, jika kau menganggapnya demikian.

7 komentar:

adit mengatakan...

"...aku harus sering-sering menghindari kata "untung" karena aku takut dengan binatang melata. Laba-laba."

sumpah gw nyambungny lama bgt, udh malem kl ya, ngaco2 gt...tapi gw udah ngerti, ahahahaha. nice play of words!

Cristiano Ronaldo mengatakan...

hahaha, kalo emang udh pinter & diridoi Allah, angka sial gak ngaruh apa-apa. orang yg percaya angka sial cuma membawa ketakutan di dlm dirinya sendiri. rasa takut itu yg bikin cemas & menimbulkan ketidakberuntungan

ghazi mengatakan...

hehe.. lagian orang cina berlebihan bgt takut ama angka 4 cuma gara-gara artinya sama kaya "mati".

ronaldo saha? anggara yah? atau pepe?

Govsky mengatakan...

tak ada dalam kamus seorang yang yakin dengan keberadaan ALLAH SWT..

tak ada bagi kita sial yang ada hanya berkah... walaupun sering kita anggap sebuah "kesialan"

Goa Belanda mengatakan...

wah, wah! uda ada 3 judul yg terlewatkan!

CR bukan gw paling Ajid!

O, no. peserta lo ada unsur angka 13? hal yg sekecil itu aja bisa lo peratiin bgt ya?

Angka 4 angka sial kt Jepang ama Cina? gw baru tau, makasi ya informasinya.

te o pe lah buat lo gaz!

yaph2..., semua itu sbenernya cuma
tahayul belaka, justru kalo kita meyakininya malah bisa kjadian!

"believe your god and your god will
keep you"

B mengatakan...

ghaziii!! 4 bukan angka sial tauk. gw lahir tgl 4, trus f4 make angka 4 sukses gila gitu hahahaha

Anonim mengatakan...

Wah keren gaz.. Sumpah gaz.. Kata-katanya.. Pas bangett.. Nomer ujian lo jga..haha
-wima